Jumat, 14 November 2014

PEMANASAN GLOBAL



LAPORAN NARATIF KEGIATAN  MENDUKUKUNG KEGIATAN PENYELAMATAN BUMI DARI PEMANASAN GLOBAL.






Dosen                          : Ahmad Fatoni
Nama                           : Andito.Pattiasina
NPM                           : 1C514925
Kelas                           : 1PA19
Mata Kuliah                :Ilmu Budaya Dasar




UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS PSIKOLOGI












KATA PENGANTAR

Saya panjatkan  puji syukur kepada TUHAN YANG MAHA ESA,karena atas berkat rahmat & hikmatnya, Saya dapat menyelesaikan  laporan naratif tentang Kegiatan yang mendukung penyelamatan bumi dari pemanasan global
Saya juga sadar bahwa laporan naratif ini masih jauh dari sempurna,oleh Karena itu saya  meminta maaf  jika ada salah dalam laporan naratif ini,& saya  harapkan kritik serta saran dari pembaca agar kedepanya laporan saya ini dapat lebih baik lagi.
Atas Perhatiannya  saya  mengucapkan terima kasih ,semoga laporan  ini dapat berguna bagi kita semua.Amin.















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I:PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.3 TUJUAN
1.4 METODE PENGUMPULAN DATA

BAB II:PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Pemanasan Global
2.2 Penyebab-Penyebab Pemanasan Global
2.3Kegiatan Mendukung Pemanasan Global

BAB III:PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran







BAB  I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Pemanasan Global/Global Warming Merupakan sebuah masalah yang tak lazim di dunia ini,hal ini diakatakan tak lazim karena  banyak sekali sebab akibat yang terjadi seperti  perubahan iklim extrim layaknya  Banjir,Badai,bahkan sampai kekeringan yang mengacam kelangsungan manusia,ini semua terjadi karena akibat/ulah manusia yang sudah tidak sayang lagi kepada alam,oleh karena hal ini maka saya membuat laporan tentang Pemanasan Global dengan harapan bahwa akan ada perubahan dari semua orang agar lebih menyanyangi alam .

1.2  RUMUSAN MASALAH
·         Apa itu Pemanasan Global?
·         Apa saja Penyebab-Penyebab Pemanasan Global?
·         Apa saja Kegiatan Yang Dapat Mendukung Penyelamatan Bumi dari Pemanasan Global?
1.3  TUJUAN
·        Untuk Mengetahui apa itu pemanasan Global
·        Untuk Mengetahui Penyebab Pemanasan Global
·        Untuk Mengetahui Kegiatan apa saja yang dapat mendukung Penyelamatan Bumi dari Pemanasan Global.

1.4 METODE PENGUMPULAN DATA
Metode pengambilan data dilakukan dengan Pengamatan/observasi langsung ke Lapangan








BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN PEMANASAN GLOBAL:
Pemanasan Global/Global Warming adalah keadaan Dimana Suhu Bumi meningkat karena lapisan ozon telah berlubang,semua ini diakibatkan karena  emisi gas CO2,Pembakaran,CFC,dll.






2.2 Penyebab-Penyebab Pemanasan Global:
1.Gas Co2
Gas Co2 Dari Pabrik merupakan pembakaran dalam skala besar,banyaknya Co2 dapat merusak lapisan ozon karena Co2 bersifat  menyerap energi panas dari radiasi infra merah yang dihasilkan oleh matahari sehingga energi panas tersebut terkumpul dimuka bumi. Apabila bumi semakin terbuka terhadap pancaran sinar ultraviolet dari matahari yang mematikan, dan pepohonan semakin jarang maka gas Co2 dalam skala besar tersebut tidak dapat di proses menjadi O2 oleh tumbuhan yang semakin jarang / hutan gundul. Hal ini dapat meningkatkan kadar Co2 di bumi sehingga pantulan energi matahari yang diterima oleh bumi tidak lagi di pantulkan ke luar bumi melainkan teertahan dibumi karena kadar Co2 yang besar.



2.CFC:
CFC juga bisa menyebabkan pemanasan global. Satu molekul CFC-11 misalnya, memiliki potensi pemanasan global sekitar 5000 kali lebih besar ketimbang sebuah molekul karbon dioksida. Di Indonesia, manifestasi pemanasan global, antara lain, terganggunya siklus hidro-orologis yang telah merusak sebagian besar sumber daya air (SDA) di Indonesia. Juga, meluasnya areal lahan kering. Itu harus disikapi dengan pencarian bibit unggul tanaman pangan lahan kering. Juga, meluasnya lahan bera (lahan yang tidak bisa ditanami) sebagai akibat terjangan intrusi air laut.,gas CFC biasanya ada pada ac, pengharum ruangan,kulkas dll










3.Asap Kendaraan
Gas C0 yang dihasilkan oleh asap kendaraan juga dapat merusak lapisan ozon,semakin banyak volume kendaraan,maka semakin banyak juga gas C0 yang merusak lapisan ozon



4.Penebangan Pohon
Pohon yang merupakan tempat berlindung makhluk hidup dari pemanasan global sekarang sudah sedikit,ini dikarenakan banyaknya Lahan-lahan  pembangunan,dan banyaknya penebangan Liar yang sering terjadi







2.3  Kegiatan Mendukung Penyelamatan Pemanasan Global:
Berikut ini akan ada kegiatan atau contoh dari saya Untuk mendukung Penyelamatan Pemanasan Global

Di waktu libur seperti Natal  dan sebagainya ,saya dan adik kecil saya  sering melakukan REBOISASI(Penghijauan) dengan Cara Menanam Tumbuhan di Sekitar Rumah saya,tapi karena saya sudah merantau sendirian di sini maka saya pun melakukan Penanaman Tumbuhan Sendirian.
ini semua  pun dilakukan agar tidak terajadi Efek Rumah Kaca dan CFC yang dapat merusak lapisan Ozon,kalau saya disuruh  pergi ke pasar/swallayan  untuk berbelanja tak lupa  Juga saya  Sering Membawa Tas Untuk Menghindari Pengunaan Kantong Plastik yang Berlebihan,jika  sudah sore memerhatikan sampah dan Membuang sampah sangatlah wajib,Membakarnya?…Tidak….Tidak….membakar sampah/sesuatu  secara sembarangan hanyalah menambah gas C02 dan yang pasti akan melubangi Lapisan ini,mengingat akan Penambahan Gas Co2 yang merusak Lapisan Ozon,maka saya Mengurangi Penggunaan Motor  dan Beralih untuk naik angkot/bus ,bukan hanya itu saja di hari libur/hari minggu saya juga sering Menggunakan Sepeda untuk berpergian ke suatu tempat,hal ini semua saya lakukan agar Mendukung Penyelamatan Pemanasan Global dan mengurangi polusi Co2 yang berlebihan.
Bukan hanya itu saja,dalam Keseharian,saya,saya  juga sering Mematikan Lampu ,Melepas colokan Charger  dan Mematikan AC saat tidak diperlukan
Dibawah ini Adalah Gambaran Saya Mendukung Penyelamatan Bumi Dari Pemanasan Global:



 Melakukan Reboisasi(Penghijauan)












  Menghindari Pengunaan Kantong Plastik yang Berlebihan












Membuang Sampah 



  Menggunakan angkutan umum/bis untuk berpergian




  Menggunakan Sepeda








 Mematikan Lampu ,Melepas colokan Charger  dan Mematikan AC saat tidak diperlukan


















                                                                    BAB III
                                                                  PENUTUP
                                                                  

3.1 KESIMPULAN
Pemanasan Global/Global Warming adalah Fenomena terbesar dan dampaknya juga sangat besar di dunia,dan dapat dirasakan sampai sekarang,bahkan lebih buruk dari tahun-tahun sebelumnya,ini semua diakibatkan karena banyaknya Emisi Co2,asap kendaraan,CFC,Penebangan Liar,Lahan-lahan Pembangunan dan lain-lain yang pada umumnya semua adalah ulah manusia.

3.2 SARAN
STOP Global Warming!,Lihatlah Dan Rasakanlah Dampaknya sekarang ,Percayalah jika tidak ada perubahan yang sederhana dari sekarang, maka akan hanya ada PENYESALAN/PENDERITAAN yang tersisa bagi kita dan bagi Generasi Penerus kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar