Selasa, 18 November 2014

ARTIKEL



Keindahan Seni

BAMBU GILA

Bambu  adalah Bahan yang sering kita kenal dengan batangya yang selalu mempunyai keggunaan ,seperti  Bahan Membuat Rumah,pagar dan sebagainya,tetapi  bahan yang satu ini ternyata   punya kegunaan lain bagi Kota Rempah-Rempah,kota MALUKU.

Bambu Gila atau Baramasewel adalah sebuah kesenian tradisional  MALUKU yang  terkenal dengan kemistisan yang kuat serta sering digunakan sebagai salah satu permainan tradisional yang khas dan turun tumurun dari kota ini, Untuk memainkan bambu  ini diperlukan sepotong bambu dengan ukuran panjang sekitar 2,5 meter dan berdiameter 8 cm .jumlah  pemain dalam permainan ini sebanyak 7 orang dengan salah satu pawang,saat semua pemain telah siap memegang sepotong bambu ini,mungkin untuk orang awam ,pasti akan berpikir bahwa bambu  ini akan sanggup dijinakan oleh ketujuh pemain Tersebut,namun setelah sang  pawang mulai meniup asap dupa ke lubang bambu dan meneriakan kata “GILA,GILA,GILA”.

Dari saat itulah maka  akan terlihat bahwa para pemain akan keolahan, pemain pun akan diseret dan ditarik  oleh suatu kekuatan yang tak terlihat, dan ketika ritme yang dimainkan oleh pemukul drum menjadi lebih tinggi, bambu akan bergerak lebih GILA dan lebih BERAT seakan-akan ingin lepas dari pegangan para pemain itu . Satu demi satu Pemain akan menyerah, dan beberapa bahkan pingsan setelah menggunakan seluruh kekuatan mereka untuk mengendalikan bambu mistis ini. Bambu gila ini berhenti,apabila ada pemain yang jatuh pingsan saat memegang bambu atau tempurung yang dipegang pawang dijatuhkan terbalik di tanah. Tetapi gerakan mistis bambu akan benar-benar hilang setelah pawang memberi makan berupa api dari kertas yang dibakar sambil membacakan mantra berupa bahasa tanah (salah satu bahasa tradisional Maluku).

jika anda melihat dan merasakannya pasti akan menjadi  pengalaman spiritual yang luar biasa,dimana anda akan melihat hal-hal mistis yang sangat kuat dan merupakan salah satu jenis kesenian yang jarang sekali ada di dunia ini,kalau anda berminat dan ingin merasakan lebih lanjut tentang kesenian ini dan ingin mendapatkan Hiburan yang tak terlupakan ,maka anda dapat mengunjungi kesenian ini  di dua desa yaitu Desa Liang, kecamatan Salahatu, dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Di Provinsi Maluku Utara, kota Ternate dan sekitarnya,Dijamin jika anda pergi ke sana dan mencobanya,saya yakin anda  akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan dan menyenangkan serta sulit untuk dilupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar